Kompetensi Lulusan

PROGRAM STUDI ANESTESIOLOGI DAN TERAPI INTENSIF

KOMPETENSI LULUSAN

Kompetensi lulusan yang akan dicapai adalah

  1. Pelayanan kesehatan dalam bidang Anestesiologi dan Reanimasi : Mampu melakukan resusitasi jantung paru otak. Mampu melakukan anestesia dan analgesia sesuai dengan standard pelayanan anestesia dan analgesia yang ditetapkan. Mampu melakukan pengelolaan perioperatif. Mampu melakukan anestesia umum inhalasi, balans, total intravena. Mampu melakukan anestesia regional. Mampu mengelola anestesia untuk bedah digestif, bedah vaskular, ortopedi, urologi, plastik, onkologi, THT, bedah mulut dan mata. Mampu mengelola anestesia bedah saraf. Mampu mengelola anestesia obstetrik dan ginekologi. Mampu mengelola anestesia bedah toraks. Mampu melakukan asistensi anestesia bedah jantung terbuka. Mampu mengelola anestesia pediatrik. Mampu mengelola anestesia pada kondisi / penyakit khusus. Mampu mengelola pasien di PACU / RR. Mampu mengelola pasien di ICU. Mampu mengelola pengendalian nyeri akut dan nyeri kronis. Mampu mengelola pasien trauma. Mampu mengelola anestesia di luar kamar bedah. Mampu mengelola anestesia rawat jalan / ambulatory.
  2. Ketrampilan untuk menunjang tindakan tindakan Anestesiologi dan Reanimasi : Mampu memasang kanula intra vena, kateter vena central, kanula intra arterial. Mampu memasang pipa nasogastrik, punksi intra pleura. Mampu melakukan intubasi endotrakhea dan pemasangan LMA. Mampu memasang dan menganalisa monitor fungsi vital. Mampu mengelola kelaikan mesin anestesi dan ventilator. Mampu melakukan analgesia epidural, spinal, kaudal, blok saraf tepi, intra vena. Mampu mengatur posisi pasien di meja operasi.
  3. Memelihara dan meningkatkan kompetensi Mampu menggunakan teknologi ilmiah mutakhir untuk mencari informasi yang sahih secara profesional dari berbagai sumber Mampu mengakses secara kritis informasi atau publikasi ilmiah Mampu menganalisa karya ilmiah kesehatan secara lisan dan tertulis Mampu menyampaikan informasi ilmiah khususnya anestesi kepada sejawat pasien atau masyarakat Mampu melakukan penelitian ilmiah dan menulis makalah ilmiah sesuai dengan konsep teori dan kaidah penulisan.
  4. Mampu melakukan pelayanan sesuai dengan medico etiko legal Mampu mematuhi Sumpah Dokter Mampu mematuhi KODEKI, Pedoman Etik Profesi Spesialis Anestesiologi dan Reanimasi Mampu mematuhi Undang-Undang dan Peraturan-peraturan DEPKES yang berkaitan dengan pelayanan anestesiologi Mampu melakukan kemitraan / kolaborasi dengan pasien atau keluarganya, disiplin lain, dan sesama residen anestesia.