Sejarah

SEJARAH BERDIRINYA PRODI PPDS I ANESTESIOLOGI DAN REANIMASI FK UNAIR

SEJARAH

(Alm) Prof. Karjadi Wirjoatmodjo,dr, Sp.An.KIC

Pendiri

(Alm) Prof. Herlien H Megawe,dr, Sp.An. KIC.KAP

Pendiri

Prof. Siti Chasnak Saleh,dr, Sp.An. KIC.KNA

Pendiri

Sejarah Berdirinya Departemen Anestesiologi dan Reanimasi RSUD Dr.Soetomo Surabaya

since 1972

Program studi Anestesiologi sebelum tanggal 1 Juli 1972 merupakan seksi Anestesiologi Bagian Ilmu Bedah FK Unair / RSUD Dr. Soetomo. Sekembali dr. Karjadi Wirjoatmodjo dari Amerika, dr. Herlien H. Megawe dari Swedia dan dr. Siti Chasnak Saleh dari Nederland, mengikuti pendidikan Anestesiologi, maka berdirilah Bagian Anestesiologi yang terpisah dari Bagian Ilmu Bedah. Sampai dengan sekitar tahun 1985 ruang lingkup kerja meliputi RS Simpang dan RSUD Dr. Soetomo (kamar operasi masih terpisah: Kamar Operasi Bedah, Kandungan, Mata dan THT).

Dimulainya dari berdiri dengan 3 orang staf pengajar, berkembang menjadi 28 staf aktif dan 5 staf purna bakti. Dengan berkembanganya bidang ilmu pembedahan, bidang Anestesiologi juga mengikuti perkembangannya. Perkembangan ini menyebabkan adanya pembidangan dalam ilmu Anestesiologi sehingga terbentuk bidang minat Cardio Vascular-anestesia, Neuro-anestesia, Pediatric-anestesia, Obstetric-anestesia, Orthopedic-anestesia dan trauma dan emergency, penganganan nyeri Anestesi untuk Transplantasi organ. Selain melakukan pendidikan di FK UNAIR, staf Anestesiologi juga memberikan kuliah pada S1 Keperawatan (PSIK) UNAIR, FKG UNAIR dan Program D3 Hiperkes dari FKM. Selain dokter ahli, pada pelaksanaan kegiatan profesi ditambah dengan ahli madya keperawatan.

Pada tahun 1985 dengan adanya kerjasama antara RSUD Dr Soetomo – JICA maka dibuatlah Gedung Instalasi Rawat Darurat yang terdiri dari Ruangan untuk resusitasi,  penanganan gawat medik, gawat pembedahan, bersalin, ruang observasi intensif, kamar operasi dan ruang pertemuan. Karena perkembangan dan bertambahnya jumlah pembedahan elektif maka RSUD Dr Soetomo membangun Gedung Bedah Pusat Terpadu dengan kapasitas 23 kamar operasi. Mulai Agustus 1999 sampai dengan sekarang ruang lingkup kerja meliputi Gedung Bedah Pusat Terpadu (Kamar operasi, Ruang Recovery dan ICU/ NICU/ ICCU/ Burn Unit) dan Instalasi Rawat Darurat (Ruang Resusitasi, ROI dan kamar Operasi), Ruang Radio Diagnostik, Ruang Radioterapi, Ruang Endoskopi, Bayi Tabung di lingkungan RSUD Dr Soetomo.

 

Daftar Nama Staf yang Pernah Menjabat sebagai Ketua Departemen

  1. Karjadi Wirjoatmodjo, dr., SpAn., KIC (1972-1981)
  2. Herlien H. Megawe, dr., SpAn., KIC (1982-2004)
  3. Koeshartono, dr., SpAn., KIC., PGD., Pall.Med., ECU (2004-2008)
  4. Tommy Sunartomo, dr., SpAn., KIC (2008-2010)
  5. Puger Rahardjo, dr., SpAn., KIC., KAKV (2011-2015)
  6. Hamzah, dr., SpAn., KNA (2016-2020)

 

Daftar Nama Staf yang Pernah Menjabar Sebagai Kepala Program Studi

  1. Siti Chasnak Saleh, dr., SpAn., KIC (1984-1990)
  2. Koeshartono, dr., SpAn., KIC., PGD., Pall.Med., ECU (1990-1996)
  3. Dr. Eddy Rahardjo, dr., SpAn., KIC., KAO (1996-2007)
  4. Sri Wahjoeningsih, dr., SpAn., KIC., KAO (2008-2010)
  5. Arie Utariani, dr. SpAn., KAP (2011-2015)

This post is also available in: en