Sistem Evaluasi Pembelajaran

SISTEM EVALUASI HASIL BELAJAR

Evaluasi adalah suatu proses yang digunakan untuk menilai kualitas yang sedang terjadi. Penilaian atau evaluasi hasil belajar memiliki prinsip edukatif, otentik, objektif, akuntabel, dan transparan yang dilakukan secara integrasi. Metode yang digunakan terdiri atas observasi atau pengamatan terus menerus (dapat dalam bentuk portofolio), log book, ujian tulis, ujian keterampilan, dan ujian akhir/lisan. Pada akhir tahapan pendidikan dilakukan ujian yang bersifat nasional yang meliputi ujian tulis nasional, ujian kompetensi nasional, dan ujian akhir nasional untuk memperoleh ijazah dokter spesialis dari IPDS sekaligus sertifikat kompetensi dari KATI.

A. JENIS EVALUASI HASIL BELAJAR

Beberapa jenis evaluasi hasil belajar antara lain:

  • Log Book
  • Ujian Lokal
  • Ujian Nasional

B. TAHAP EVALUASI

  1. TAHAP PENDIDIKAN
  • Tahap Pendidikan 1 – Merah
  • Tahap Pendidikan 2 – Kuning
  • Tahap Pendidikan 3 – Hijau
  1. PENILAIAN 
  • Ketentuan Kenaikan Tahap Pendidikan
  • Ketentuan Ujian
  • Sistem Penilaian

C. METODE EVALUASI

Metode evaluasi yang digunakan dalam penilaian peserta didik meliputi:

  1. Mini-Clinical Evaluation Exercise (CEX)
  2. Direct Observation Procedural Skill (DOPS)
  3. Case-Based Discussion (CbD)
  4. Mini-Peer Assessment Tool (Mini-PAT)
  5. Penilaian Presentasi Ilmiah
  6. Ujian Tulis
  7. Objective Structure Clinical Examination (OSCE)
  8. Karya ilmiah

Untuk informasi lebih lanjut klik tautan di bawah :

Sistem Evaluasi Pembelajaran

 

This post is also available in: en